Mohon Komentar atau Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini Kedepannya . . . Please Comments and Suggestions for the Advancement This Blog Further. . . Thanks

Sabtu, 23 Juli 2011

Makalah Obat Alternatif Penyembuh Luka



BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Kulit adalah bagian dari tubuh yang mempunyai fungsi sangat vital, antara lain: proteksi, sensasi, regulasi panas, kontrol evaporasi, estetik dan komunikasi, penyimpanan dan pembuatan, ekskresi, absorpsi. Selain itu, sejumlah obat dapat teradministrasi melalui kulit, seperti salep.  Apabila kulit tersebut tergores benda tajam dan meninggalkan luka lecet, menyebabkan kekhawatiran karena akan membuat bagian dari tubuh terutama fungsi organ yang terluka terganggu, selain itu membuat noda bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.
Menurut drh. Bambang Pontjo Priosoeryanto Ph.D dalam artikelnya berjudul “Penyembuh Luka di sekitar Kita”, getah bonggol pisang dapat meyembuhkan luka lecet. Bahkan getah pohon pisang memiliki keunggulan secara kosmetik, karena luka yang dioles getah batang pisang tidak meninggalkan parut. Pada saat teknologi belum berkembang dan masih minimnya obat-obat pabrik yang beredar, dulu orang-orang memilih menggunakan benda atau bahan di sekitarnya untuk menolong hidupnya, tak terkecuali pada pohon pisang. Dahulu masyarakat menggunakan getah bonggol pisang untuk menyembuhkan luka. Dalam dunia etnofarmakologi atau tentang pengobatan tradisional,  getah pohon pisang dipercaya dapat memberikan rasa dingin pada luka dan dapat menghilangkan rasa nyeri akibat luka, bahkan luka pun juga bisa tertutup. Penggunaannya pun sangat mudah, hanya dioleskan pada luka lecet.
Berangkat dari kenyataan tersebut, penulis ingin mengetahui kebenaran tentang manfaat getah pisang sebagai obat luka terutama luka lecet atau luka kecil. Oleh karena itu, berdasar latar belakang diatas penulis ingin merealisasikan ide tersebut dalam  karya tulis ini dengan judul “Pemanfaatan Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif Penyembuh Luka Lecet”.



B.     Rumusan Masalah
Adapun beberapa hal yang dapat dirumuskan bertitik tolak pada subbab sebelumnya  diantaranya ialah:
1.        Bagaimana potensi getah bonggol pisang sebagai obat oles alternatif penyembuh luka lecet?
2.        Apakah ada efek samping dalam penggunaan getah bonggol pisang sebagai obat oles alternatif penyembuh luka lecet?
3.         Bagaimana cara pemakaian getah bonggol pisang pada kulit yang terluka?

C.     Manfaat Penulisan
Manfaat dari penelitian ini adalah:
1.         Untuk mengetahui manfaat getah bonggol pisang sebagai penyembuh luka.
2.        Untuk mengetahui efek samping dalam penggunaan getah bonggol pisang sebagai obat penyembuh luka lecet.
3.         Untuk mengetahui cara pemakaian getah bonggol pisang pada kulit yang terluka.




BAB II
KAJIAN TEORI

A.               Potensi Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif
Penyembuh Luka Lecet
Bonggol pisang merupakan bagian pisang yang mempunyai nilai ekonomis rendah. Masyarakat kebanyakan tidak memanfaatkan bonggol pisang. Bonggol pisang sebenarnya sangat bermanfaat, banyak sekali kegunaan cairan atau getah dari bonggol pisang ini, antara lain untuk mengatasi berak darah karena panas dalam, disentri, diare, wasir berdarah, pendarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas), pembersihan setelah melahirkan, penghitam dan pencegah rambut rontok, radang ginjal, sifilis, serta digigit ular berbisa, dan salah satu kegunaan cairan bonggol pisang yang terlupakan adalah untuk mengobati luka-luka lecet. Lebih lanjut potensi cairan dari bonggol pisang khususnya pisang kepok dan klutuk untuk mengobati luka disebabkan kandungan saponin, antrakuinon, dan kuinon yang berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Selain itu getah pisang juga berfungsi sebagai antibiotik yang berperan untuk membunuh kuman-kuman penyakit penyebab timbulnya infeksi yang dapat memperparah luka penderita.
Sementara itu, kandungan lektin pada getah batang pisang berfungsi menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Dengan adanya lektin pertumbuhan sel-sel kulit penutup luka menjadi lebih cepat, karena lektin dapat merangsang tumbuhnya sel. Selain itu luka yang telah kering tidak akan menimbulkan parut yang sangat terlihat. Hal ini menjadi bukti khasiat pohon pisang yang sangat besar dalam proses penyembuhan luka.





B.           Efek Samping Dalam Penggunaan Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif Penyembuh Luka Lecet
Getah bonggol pisang yang mengandung banyak kandungan zat yang berguna bagi penyembuhan luka ternyata juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari getah bonggol pisang untuk mengobati luka adalah sedikit gatal-gatal pada luka dan bagian kulit sekitarnya. Memang getah pada bonggol pisang mengandung sedikit zat yang menimbulkan efek gatal pada kulit, namun zat yang sedikit tersebut tidak akan mempengaruhi penyembuhan luka.

C.               Cara Pemakaian Getah Bonggol Pisang pada Kulit yang Terluka
Ada beberapa cara untuk menyembuhkan luka lecet dengan getah pisang ini, yang pertama luka tersebut kita bersihkan dahulu, kemudian oleskan getah batang pisang pada bagian luka tersebut. Cara yang kedua adalah dengan menumbuk bonggol pisang terlebih dahulu kemudian baru dioleskan pada bagian yang terkena luka. Getah pohon pisang ini dapat memberi efek dingin pada bagian yang terkena luka, sehingga dapat mempercepat proses pembekuan darah sehingga darah  tidak mengalir keluar lagi. Luka dapat segera menutup dan cepat kering, sehingga orang yang terkena luka lecet dapat segera sembuh.





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.   Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Getah bonggol pisang yang jarang sekali dimanfaatkan ternyata sangat bermanfaat dalam menyembuhkan luka lecet pada kulit dan tidak menimbulkan parut.
2.      Getah bonggol pisang memiliki efek samping yaitu sedikit gatal pada daerah sekitar luka, tapi hal tersebut tidak berpengaruh pada penyembuhan luka karena luka akan tetap cepat tertutup.
3.      Cara pemakaian getah bonggol pisang pada yang terluka ada dua cara, yang pertama langsung mengoleskan getah pada luka setelah luka dibersihkan, kedua menumbuk bonggol terlebih dahulu baru dioleskan pada luka.

B.   Saran
1.        Agar dapat menjadikan kulit/bongol pisang sebagai obat luka pada kulit.
2.        Agar tidak mengesampingkan barang-barang yang dianggap tidak berguna seperti bongol pisang
3.        Dapat mencobanya sebagai obat luka pengganti obat modern.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar atau Sarannya
Untuk Kemajuan Blog Ini Kedepannya . . .